Menuju Komunitas ASEAN 2015

KTT ASEAN mencapai puncaknya 7-8 Mei ini dengan hadirnya para kepala negara ASEAN kecuali Singapura, karena tengah melakukan pemilihan umum. Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus Ketua ASEAN melakukan persiapan yang sangat serius, terutama pengamanan untuk para kepala negara yang hadir.

Dalam pertemuan tahunan kali ini ASEAN akan mereview setahun perjalanan interaksi antar bangsa ini, sekaligus untuk menentukan arah menjadikan komunitas ASEAN di tahun 2015.

"Indonesia memastikan perlu adanya kemajuan signifikan menjelang terjadinya komunitas ASEAN 2015," ujar juru bicara Kementrian Luar Negeri Michael Tene


Pengamat ekonomi internasional di Center for Strategic and International Studies atau CSIS Haryo Aswicahyono mempertanyakan kesiapan ASEAN di 2015. "Mengatur pergerakan barang, jasa, manusia dan kapital secara bebas bukanlah sebuah pekerjaan mudah, bagaimana hal ini dibicarakan dalam KTT kali ini," ujar Haryo dalam dialog tersebut.

Selain itu, Haryo juga menegaskan perlunya ASEAN menjadi basis produksi bersama untuk diekspor ke kawasan lain. KTT ASEAN memiliki arti penting dalam masalah keemananan. Indonesia sebagai ketua ASEAN perlu memastikan lingkungan di Asia Tenggara dan Asia Pasifik menjadi sebuah kawasan yang adil aman dan stabil, sehingga ada pembangunan ekonomi akan terwujud secara baik. (RKA)


Category Article

What's on Your Mind...

Nosso Twitter

daptar isi

tukar link yuck

sukaku-ngeblog

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes


You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

hendra siregar. Diberdayakan oleh Blogger.

web ini di bayar oleh

free web site traffic and promotion
Produk Gratis
4shared.com - Free file sharing and storage
Bisnis 100% Tanpa Modal
 
sukaku-ngeblog © 2011 Templates | uzanc